Senin, 09 Januari 2012

bahasa indoesia PENTING!!!!

Bahasa indonesia merupakan Bahasa pemersatu bangsa Indonesia, tetapi dalam saat-saat ini orang-orang lebih bangga menggunakan bahasa asing daripada mengunakan bahasa Indonesia.
Negara ini terdiri dari ras,suku,dan bahasa yang berbeda,contoh : Sebelum indonesia merdeka setiap daerah mempunyai bahasa sendiri, misalkan, Andi berasal dari Jawa Barat dan Ika berasal dari Sumatra, dan mereka ingin mengawali percakapan,Bayangkan jika tidak ada bahasa Indonesia apakah mereka bisa memulai percakapan?
Bahasa Indonesia bisa disebut juga Bahasa pemersatu. Ini juga tercantum dalam isi sumpah pemuda butir ke tiga yang berbunyi : Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Daripada itu kita harus bangga dengan bahasa Indonesia dan belajar untuk menjaga bukan untuk merusak atau merubah bahasa Indonesia sebagai Bangsa indonesia yang telah menjaga kemerdekaan bangsa Indonesia..

Bahasa memiliki fungsi yang banyak dan sangat menentukan bagi perkembangan anak terutama murid-murid sekolah dasar, seperti fungsi bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi,yang akan menentukan anak untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa serta akan memudahkan,untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya, yang manfaatnya akan membantu perkembangan siswa dalam berhubungan dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya, begitu pula fungsi bahasa sebagai,pengantar pendidikan,pemahaman anak dan pengenalan anak serta keterampilan anak dalam berbahasa Indonesia akan dapat bermanfaat dalam proses pendidikan secara optimal.

Dilihat dari pungsi bahasa di atas, maka pemahaman berbahasa dan keterampilan berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar sangat penting karena akan menentukan masa depan anak dan perkembangan psykis anak,serta menentukan keberhasilan pendidikan secara umum.Oleh sebab itu,keterampilan berbahasa Indonesia secara dini harus ditanamkan pada murid-murid sekolah dasar, sehingga mereka memiliki bekal yang cukup dalam berbahsa Indonesia.Mata pelajaran bahasa Indonesia memiliki fungsi yang strategis, yakni sebagai:

(1).Sarana pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa

(2).Sarana peningklatan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pelestarian dan pengembangan budaya

(3.Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk meraih dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

(4).Sarana penyebarluasan pemakaian bahasa Indonesia yang baik untuk berbagai keperluan menyangkut berbagai masalah,

(5).Sarana pengembangan penalaran,dan

(6).Sarana pemahaman beragam budaya Indonesia melalui khazanah kesusasteraan Indonesia (Kurikuluim KTSP).

Variabel yang dapat menentukan keberhasilan pelajaran bahasa Indonesia ditentukan oleh pengajar , pembelajar, bahan ajar, proses pembelajaran dan penilaian. Keberadaan pengembangan suatu metode pembelajaran pada pengajaran bahasa Indonesia dipandang sebagai tuntutan kebutuhan yang sangat mendasar. Dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran, dalam pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan Sekolah Dasar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki dasar–dasar karakter, kecakapan keterampilan dan pengetahuan yang memadai.

Kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar diharapkan mampu mengembangkan dan mengarahkan siswa dengan segala potensi yang dimilikinya secara optimal, yaitu guru dapat mendorong siswa untuk berpikir secara kritis. Keberhasilan pelaksanaan proses pembelajaran dikelas, terkait dengan kemampuan guru, baik sebagai perancang pembelajaran maupun sebagai pelaksana dilapangan. Selain itu,guru dituntut mampu melakukan pembaharuan khususnya dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu dengan merancang pembelajaran berdasarkan pengalaman belajar siswa sehingga menghasilkan pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar